Kementerian Pertahanan Bayar Tahun Ini

Kompas.com - 23/04/2013, 02:10 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - PT Dirgantara Indonesia menjamin pengiriman suku cadang dua pesawat CN-295 yang kini dioperasikan TNI AU tanpa suku cadang. Sementara Kementerian Pertahanan menjamin akan membayar PT Dirgantara Indonesia pada tahun ini.

Initial sparepart sudah ada di Halim atau di Bandung, kemarin ada salah komunikasi dengan TNI AU,” kata Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (DI) Budi Santoso, Minggu (21/4), lewat pesan singkatnya dari Marseille, Perancis. Budi membantah kalau pesawat tersebut tidak ada suku cadangnya. Suku cadang akan segera dikirimkan.

Dalam pemberitaan Sabtu, disebutkan, dua pesawat CN-295 yang dioperasikan TNI AU terbang tanpa suku cadang. Kedua pesawat itu diserahterimakan PT DI kepada TNI AU pada Oktober 2012. Suku cadang itu belum dikirim PT DI karena PT DI belum menerima pembayaran dari Kemhan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan Sisriadi mengatakan, Kemhan belum membayar karena kontraknya memang belum selesai. ”Tahun 2013 akan segera dibayarkan,” katanya.

Menurut catatan Kompas, pengadaan CN-295 adalah program andalan Kemhan untuk peningkatan industri pertahanan dalam negeri. CN-295 merupakan produksi bersama PT DI dan Airbus Military. Total nilai pengadaan sembilan pesawat yang akan datang bertahap pada 2012-2014 adalah 325 juta dollar AS. Dana itu dari APBN 2012 menggunakan kredit ekspor.

Menanggapi pernyataan Dirut PT DI tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Azman Yunus mengatakan, TNI AU menyambut baik hal ini. Selama ini hanya satu pesawat CN-295 yang dioperasikan, yang satu lagi dalam perawatan rutin.

Budi Santoso mengatakan, pesawat masih dalam garansi PT DI. Oleh karena itu, semua kerusakan akan diperbaiki. Pesawat ketiga yang rencananya diserahterimakan juga akan diberikan suku cadang yang menyertai.

Menurut Azman, TNI AU hanya bertugas membina persenjataan dan personel. Soal pengadaan tanggung jawab Kemhan.

CN-295 diterbangkan ke Langkawi, Malaysia, pada Maret 2013 untuk ikut static show di acara Langkawi International Maritime and Aerospace 2013. Saat ini pesawat disiapkan untuk terbang road show ke negara-negara Asean bulan depan. (EDN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.