BRI Ingin Mengakuisisi Bukopin

Kompas.com - 23/04/2013, 16:13 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah memiliki PT BRI Agro Tbk (AGRO), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) ternyata berniat mengakuisisi satu bank lagi. Bank yang ingin dicaploknya adalah PT Bank Bukopin Tbk (BBKP).

"Kami ingin memperluas jaringan," sebut Komisaris BRI Mustafa Abubakar di Hotel Bidakara, Selasa, (23/4/2013).

Bila proses akuisisi tersebut benar terjadi, BRI ingin memperluas sektor koperasi dan agrobisnisnya lebih luas lagi.

Diakui Mustafa bahwa BRI telah mengantongi izin dari badan usaha milik negara (BUMN). Hanya saja, ini masih akan melewati beberapa proses untuk dapat terealisasi. "Andai hal ini masih memungkinkan," ujarnya.

Namun, sepertinya upaya BRI tak akan berjalan mulus. Sebab, BRI masih akan terbentur dengan aturan single presence policy. Andaikata bank berlaba terbesar ini jadi mengakuisisi Bukopin, BRI berencana meleburkannya dengan BRI Agro. "Kalau digabung, anak perusahaan akan ditata lagi," tandasnya. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X