Kompas.com - 24/04/2013, 10:43 WIB
|
Editorkadek

KOMPAS.com — Kontur pesisir menjadi ciri khas Pangandaran, sebuah daerah di selatan Jawa Barat. Mungkin Anda ingat, beberapa tahun silam, Pangandaran pernah luluh lantak diterjang gelombang tsunami.

Kini, jejak keganasan tsunami beberapa tahun lalu tersebut hampir hilang. Bahkan, Pangandaran tetap menyimpan eksotisme keindahan pantai laut selatan yang aduhai.

Keindahan Pangandaran bahkan bisa ditemukan sejak fajar menyingsing di pagi hari. Datanglah ke Pantai Timur Pangandaran untuk mendapatkan salah satu momen terbaik menikmati fajar, sambil menunggu sinar matahari perlahan-lahan naik.

Pantai Timur Pangandaran memang merupakan salah satu tempat terbaik menikmati matahari terbit. Meski langit masih gelap karena matahari belum memunculkan sinarnya ke muka bumi, deburan ombak yang memecah di antara batu-batu besar di pesisir pantai sangat menenangkan.

Walau masih subuh, jangan kira tepi Pantai Timur akan sepi. Justru, banyak orang duduk-duduk di tepi pantai dengan tujuan yang sama, yaitu menyaksikan matahari terbit. Terlihat pula para nelayan merapikan jaring ikan.

Bila memandang jauh ke depan, terlihat titik-titik kecil. Mereka adalah perahu-perahu nelayan di antara hamparan laut yang telah melaut dari tengah malam.

Pantai Timur Pangandaran bukan merupakan pantai berpasir, melainkan pantai dermaga. Saat siang hari, kawasan ini merupakan pusat bagi kegiatan olahraga air, seperti banana boat dan flying fox.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat petang menjelang malam, banyak warung-warung yang menjajakan makanan kecil, makanan laut, bahkan kelapa muda yang baru dipetik dari pohon. Pesisir yang memesona....



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.