Kompas.com - 24/04/2013, 13:16 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air) baru saja memenangi tender untuk rute perintis dari Banda Aceh, Meulaboh, Tapak Tuan, dan Kutacane.

Susi Pudjiastuti, Presiden Direktur Susi Air, menyatakan rute baru ini melengkapi rute yang diperoleh sebelumnya di Lampung. Pada medio Januari 2013, maskapai ini sudah melayani penerbangan perintis dari Bandara Radin Inten II Bandar Lampung menuju Bandara Seray di Krui, Lampung Barat. Di rute ini, Susi Air memakai pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 kursi.

Sebagai pemenang tender, Susi Air kini mendapat subsidi dan melayani penerbangan rute perintis dari Banda Aceh dan Lampung. Susi Air telah menginvestasikan dana Rp 300 miliar di tahun ini untuk menambah 10 unit hingga 15 unit pesawat. "Kami berharap bisa menerbangi seluruh pulau di Indonesia," ungkap Susi, Selasa (23/4/2013).

Penambahan pesawat itu semakin menegaskan Susi Air sebagai maskapai pengumpan (feeder) dengan rute antarkota atau antarkabupaten. Manajemen Susi Air menyatakan penambahan 10 unit hingga 15 unit pesawat tak hanya untuk tahun ini, tetapi rutin setiap tahun. Armada Susi Air terdiri dari pesawat Grand Caravan, Porter, Helikopter, dan Avante, yang umumnya berkapasitas 12 kursi.

Susi Air menguasai pangsa pasar 10 persen-15 persen dari pasar penerbangan perintis di Tanah Air dengan mengoperasikan 47 unit pesawat kecil berkapasitas di bawah 20 orang. (Ragil Nugroho/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.