Tips Traveling dengan Anak ala Traveler Kaskus

Kompas.com - 27/04/2013, 11:57 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Membiasakan anak untuk traveling dari usia sedini mungkin, bisa menjadi pelatihan bagi mereka untuk dapat menghadapi dunia luar yang "sesungguhnya". Hal tersebut diungkapkan oleh Ridwan, salah satu anggota Komunitas Traveler Kaskus.

Ridwan mengakui, dirinya yang telah memiliki anak, sering mengajak anaknya untuk ikut perjalanan dengannya. "Dengan traveling mengajarkan anak saya bagaimana dia mandiri, bagaimana dia diajak untuk jalan keluar, biar dia nggak kaget dengan dunia yang luas ini," papar Ridwan, dalam talkshow komunitas pada acara Kompas Travel Mart, di Mal Kota Kasablanka, Jumat (26/4/2013).

"Kita mempersiapkan mereka bagaimana biar tidak kaget. Nih kalau mau pergi sendiri kamu harus seperti ini, seperti ini, seperti ini," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Traveler Kaskus yang lain, Suci, mengungkapkan bahwa yang terpenting saat mengaja traveling si kecil yakni dengan mempersiapkan perencanaan perjalanan dengan matang.

"Kalau kita bawa anak kecil harus ada planning-nya yang mateng. Baik itu jadwalnya, kalau mau berangkat kemana, tujuannya kemana aja, nginapnya dimana. Dan yang penting itu tiket PP harus udah di tangan," ujar Suci.

Selain itu, lanjut Suci, penginapan saat traveling juga haruslah dipilih yang ramah dengan anak-anak. Begitu pun dengan kegiatan yang dilakukan serta cuaca saat akan melakukan perjalanan.

"Saat di sana juga mesti disiapin mau ngapain aja. Kalau renang-renang aja pasti anak juga bosen. Dan yang penting cuaca juga harus dipikirin," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Misal ke Karimun Jawa, kalau cuaca lagi ga enak kita bisa ngga pulang-pulang karena kapal ke sana juga jarang kan. Terus jangan pilih yang high season kalau bisa," tambah Suci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.