Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Konsumen Mie Instan Terbesar Kedua di Dunia

Kompas.com - 27/04/2013, 18:52 WIB

Asosiasi Mie Instan Dunia di Jepang merilis daftar negara konsumen mie instan terbesar di dunia dan Indonesia berada di peringkat kedua.

Lima dekade setelah makanan siap saji itu diperkenalkan, total penjualan mie instan global setiap tahunnya kini mencapai 100 miliar bungkus.

China mengonsumsi 44 miliar unit mie instan setiap tahun, disusul Indonesia dengan 14,5 miliar bungkus. Jepang dan Vietnam berada di peringkat ketiga dan keempat dengan kisaran lima miliar unit.

"Hasil ini menunjukkan bahwa mie instan telah menjadi makanan standar global," kata Norio Sakurai dari asosiasi yang berbasis di Osaka tersebut. "Kami merasa penjualan global akan terus meningkat, terutama di sejumlah negara berkembang."

Mie instan yang hadir dalam berbagai variasi rasa dan cara pengolahan, pertama kali ditemukan pada 1958 oleh warga Jepang Momofuku Ando, pendiri perusahaan Nissin Foods.

Menurut informasi di situs Asosiasi Mie Instan Dunia, mie kering itu merupakan "sebuah revolusi dalam budaya kuliner" dan pada 1971 ia memperkenalkan mie instan dalam mangkok yang lebih praktis lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com