Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemahan Harga Emas Masih Berlanjut

Kompas.com - 29/04/2013, 02:30 WIB
Didik Purwanto

Penulis

KOMPAS.com - Analis Auerbach Grayson and Co memprediksi pelemahan harga emas masih akan terus berlanjut. Bahkan penurunannya bisa mencapai 1.150 dollar AS per ounce.

Saat ini harga emas telah menembus harga terbawah dari tren tahun 2008 bahkan pelemahannya terjadi selama 50 minggu terakhir dan ini terjadi pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir.

Analis Richard Ross yang berbasis di New York mengatakan memang harga emas telah naik kembali 12 persen sejak turun ke titik terendah dalam dua tahun di level 1.321,95 pada 16 April lalu.

Namun dalam beberapa hari atau minggu ke depan, penjualan emas akan terus berlanjut dan hal ini bisa melemahkan harga emas sendiri. "Prediksi kami, harga emas bisa turun ke 1.150 dollar AS per ounce," kata Ross.

Ross menargetkan level harga emas tersebut seharusnya tidak sampai mencapai level terendah yang terjadi pada 12 September 2008 ataupun 11 November 2011. "Yang penting adalah kita harus mempertimbangkan segera menjual emas milik kita bila harganya justru menembus 1.000 dollar AS per ounce," tambahnya.

Memang harga emas sempat naik kembali (rebound) pada 12 April lalu yang ditutup 1.483 dollar AS per ounce karena perekonomian AS diperkirakan masih akan memburuk. Akhir pekan lalu, emas masih diperdagangkan 1.475,28 dollar AS per ounce di Londong, turun 12 persen di tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com