Kompas.com - 30/04/2013, 09:01 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapan mengambil angle foto yang paling bagus? Dalam talkshow bersama Arbain Rambey, dalam pameran wisata Kompas Travel Mart di Kota Kasablanka, 26-28 April 2013, fotografer Kompas ini memberikan beberapa tipsnya untuk mendapatkan foto yang "ciamik".

Menurutnya, saat naik pesawat, kalau bisa pilih penerbangan pagi hari. Karena bisa mendapatkan banyak "bonus" selain hanya bisa terbang.

"Kalau naik pesawat pilih penerbangan pagi. Karena pertama, Jakarta nggak macet. masih pagi. Kedua, langit Jakarta juga masih bersih, lalu bisa check in lebih awal bisa pilih duduk dekat jendela," katanya.

Dengan memilih duduk dekat jendela, lanjutnya, bisa mendapatkan momen memotret pemandangan di luar melalui jendela pesawat. "Intinya selain keluar duit buat naik pesawat kalau bisa Anda juga dapat bonus foto-foto," katanya.

Selain itu, Arbain pun mengatakan, jika sedang traveling haruslah "aktif" jangan hanya numpang tidur di kota orang. "Kalau Anda sudah piknik jangan kebanyakan tidur. Nikmati tempat tersebut, bangun pagi. Kalau mau tidur mending di rumah saja," ujarnya.

Karena, lanjutnya, Indonesia sebagai daerah beriklim tropis, mendapatkan momen yang paling baik yakni di atas jam 8 pagi.

"Kalau mau menikmati foto landscape di Indonesia bangun pagi. Di atas jam 7 is the best. Kalau sudah siang sudah beda lagi dapatnya. Sudah jelek, nggak ada apa-apanya," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi kalau Indonesia timur sore masih oke, kalau di barat udah polusi semua," sambung Arbain.

Seninya memotret, tambah Arbain, yakni kita memasukkan fantasi kita. Kalau kita memasukkan seperti apa adanya orang melihat, hasilnya tak akan terlalu menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.