Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honor Rp 200.000 per Bulan, Guru Juga Turun ke Jalan

Kompas.com - 01/05/2013, 12:56 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Hari Buruh Internasional di Gorontalo diperingati juga oleh para guru honorer. Tergabung dalam Forum Guru Honor Persatuan Guru Republik Indonesia (FGH-PGRI), sekitar 750 pahlawan tanpa tanda jasa ini menuntut upah layak sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP).

Para guru yang tergabung dalam FGH-PGRI dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) wilayah Gorontalomelakukan aksi konvoi, Rabu (1/3/2013).

Berdasarkan data FGH-PGRI, terdapat 10 ribu guru honorer di Gorontalo, 80 persen di antaranya hanya menerima upah Rp 200.000 per bulan. "Kami menuntut upah guru honorer setara dengan UMP yaitu sebesar Rp. 1.1750.000," kata Wakil Ketua FGH-PGRI Gorontalo, Hestiani Diayi.

Selain itu, FGH-PGRI menuntut Pemerintah memberikan jaminan kesehatan dan sosial bagi guru honorer, bea siswa untuk guru lulusan SLTA, dan sertifikasi untuk guru lulusan S1 dan S2. "Kami juga meminta Pemerintah segera mengangkat guru honor menjadi CPNS sesuai dengan usia kerja dan kinerja," kata Hesti.

Massa guru memulai aksi dari Gedung Perjuangan Guru, dan membacakan tuntutan di beberapa tempat seperti Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Kantor Gubernur, DPRD dan kantor-kantor media massa.

Selain para guru, ikut serta dalam aksi ini para pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT Pos Indonesia, Jasa Raharja, Telkom dan PLN. Mereka menuntut Kementerian BUMN menghapus sistem kerja alih daya yang selama ini dianggap merugikan para pekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com