Kompas.com - 01/05/2013, 16:23 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BIREUEN, KOMPAS.com — Harga kakao dilaporkan anjlok hingga hampir 50 persen dalam sebulan terakhir ini, yakni Rp 13 ribu per kilogram dari harga sebelumnya sempat lama bertahan di kisaran Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per kilogram.

Sejumlah petani komoditas ini mengeluhkan penurunan harga tersebut. seperti yang diungkapkan Zakaria, seorang pedagang pengumpul di Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, harga kakao saat ini turun drastis, dan berbanding terbalik dengan masa kejayaan kakao pascakonflik Aceh beberapa tahun silam.

"Penurunan harga kali ini memang tidak tanggung-tanggung, kalau di kecamatan yang tidak terlalu jauh dengan Kota Bireuen masih seragam di atas Rp14 ribu per kilogram, tapi kalau di kecamatan pedalaman bisa di bawah itu," kata Zakaria, Rabu (1/5/2013).

Hal senada dikeluhkan Munir Adli, seorang petani dan pekebun di Kecamatan Gandapura. Diakuinya, kakao merupakan komoditas perkebunan unggul di Bireuen. "Otomatis penjualan jenis komoditas itu lancar dari petani ke agen, sehingga disayangkan kalau harganya anjlok seperti ini," sebut Munir pelan.

Ia berharap, pihak terkait dapat mengupayakan kestabilan harga jual berbagai macam komoditas perkebunan, terutama harga kakao yang cukup membantu perekonomian masyarakat. Begitu pun antusias pemilik kebun melemah dipengaruhi turunnya harga. Banyak warga membiarkan kakaonya tidak dipetik.

"Harga sekarang semakin rendah dan kurang menguntungkan sehingga kami enggan memasarkannya sementara ini," tandas Munir seraya menyebutkan ongkos angkut yang tidak sesuai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.