Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intervensi Pemerintah Menyumbang Deflasi

Kompas.com - 03/05/2013, 03:08 WIB

Jakarta, Kompas - Intervensi pemerintah dalam menekan gejolak harga pangan berhasil menekan laju inflasi. Pada April 2013 terjadi deflasi sebesar 0,10 persen sumbangan kelompok bahan makanan dan sandang.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menyampaikan itu, Kamis (2/5), di Jakarta. Bayu mengatakan, dua sumber inflasi pada triwulan I 2013 adalah cabai rawit dan bawang putih. Selain itu juga bawang merah dan daging sapi.

Namun, harga beberapa komoditas itu sekarang sudah turun sebagai dampak intervensi pemerintah. Harga cabai rawit bulan April turun 10,57 persen dibandingkan Maret. Harga bawang putih turun 28,70 persen.

Pada April 2013, terjadi deflasi untuk kelompok bahan makanan yang mencapai 0,80 persen, untuk sandang deflasi 1,13 persen. Kelompok komoditas lain seperti makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau inflasi 0,30 persen; perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,41 persen; kesehatan 0,22 persen; pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,15 persen; sementara transpor, komunikasi, dan jasa keuangan 0,10 persen. Secara kumulatif terjadi deflasi 0,10 persen.

Dari Palangkaraya dilaporkan, target inflasi Kalimantan Tengah pada tahun 2013 diperkirakan tak tercapai jika pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Inflasi itu ditargetkan sebesar 5 persen plus-minus 1 persen, tetapi jika harga BBM dinaikkan bisa mencapai 6,9 persen.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalteng Muhammad Nur, berdasarkan kajian BI secara nasional, kenaikan harga BBM akan menyebabkan inflasi meningkat 1,9 persen. (BAY/MAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com