Wajah Stasiun Kereta Api Mulai Rapi

Kompas.com - 06/05/2013, 03:41 WIB
Editor

Stasiun di jalur Serpong-Tanah Abang sedang bersolek. Begitu juga dengan stasiun di jalur Jatinegara-Bekasi, sedang berbenah dan melakukan pembangunan fisik untuk meningkatkan pelayanan dan keindahan stasiun. Pembangunan fisik meliputi perbaikan lahan parkir, penambahan dan renovasi loket, serta pemasangan gerbang tiket elektronik.

Menurut pantauan Kompas, Minggu (5/5), Stasiun Palmerah, Jakarta, kini berwajah oranye. Pepohonan rimbun telah ditebang. Lahan parkir menjadi lebih lapang dan cerah.

Pada pintu masuk area parkir Stasiun Palmerah sudah berdiri sebuah pos petugas parkir berwarna biru tua serta berkaca hitam. Dua buah palang pintu otomatis pun telah berfungsi.

”Area parkir ini dikelola PT Reska Multi Usaha,” kata Rendi, seorang petugas parkir, sambil menunjukkan peralatan di dalam pos parkir, seperti seperangkat komputer yang terhubung dengan internet, sebuah monitor LCD, sebuah alat sensor tiket, dan printer tiket.

Menurut Rendi, area parkir itu dapat menampung kurang lebih 200 sepeda motor.

Meski belum tuntas, lahan parkir itu sudah dapat difungsikan. Selain itu, Stasiun Palmerah juga sedang membangun ruang untuk loket pada sisi belakang stasiun, atau dekat Kompleks Senayan. Calon ruang loket yang berukuran 2 x 5 meter itu masih dalam tahap penyelesaian. Di dekat loket depan stasiun juga sudah tersedia tiga gerbang mesin tiket elektronik, tetapi belum difungsikan.

Suasana pembangunan pun tampak di Stasiun Bekasi, Jawa Barat. Di sana, lahan parkir sebelah utara yang dapat menampung hingga 600 sepeda motor dan 20 mobil sedang ditata ulang. Hal itu tampak dari pengaspalan area parkir mobil dan pemasangan empat buah palang pintu otomatis dan dua buah pos untuk petugas parkir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jalan masuk dari Jalan Perjuangan menuju stasiun dan Gedung Diklat Kereta Api pun dipisahkan dengan pagar yang sedang dibangun sepanjang sekitar 500 meter.

Area loket pada sisi utara juga sedang dilebarkan. Dody, seorang pekerja, sedang mengecat tiang-tiang besi yang akan digunakan untuk menyangga kanopi berwarna hitam sebagai atapnya.

Pelayanan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.