Kompas.com - 07/05/2013, 10:57 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak bank rupanya berminat menjalankan proyek bank tanpa cabang atau branchless banking. Rencananya, Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan bank mana saja yang akan berpartisipasi pada proyek ini, tanggal 15 Mei nanti.

BI pernah menyatakan bahwa sudah ada 10-15 bank yang sudah melakukan komunikasi intensif. Kategori banknya pun bervariasi mulai dari bank besar, bank pembangunan daerah (BPD), hingga bank syariah.

Meski begitu, saat ini Asisten Gubernur BI Mulya Siregar mengaku bahwa baru ada satu bank yang sudah berpartisipasi, yakni Bank Sinar Harapan Bali. Ini merupakan bank patungan antara PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Pos Indonesia, dan PT Taspen.

Mulya menyebut bank lain belum menyatakan kepastiannya untuk ikut dalam program uji coba bank tanpa cabang tersebut. Saat ini, mereka masih dalam proses pembahasan dengan bank-bank tersebut. Namun, pihak BI ternyata tak memiliki batas waktu yang akan diberikan bagi bank-bank tersebut. "Tergantung mereka. Kalau mau segera, masukkan pengajuannya," ucap Mulya.

Nantinya, uji coba bank tanpa cabang ini akan dilakukan serentak di 8 wilayah di seluruh Indonesia. Wilayah-wilayah tersebut yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Setiap bank akan mendapat proyek bank tanpa kantor cabang paling banyak di 2 provinsi dan paling banyak 3 kecamatan. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.