Kompas.com - 12/05/2013, 18:01 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menggandeng lembaga keuangan Japan Finance Corporation (JFC) untuk mendukung UKM Jepang yang berinvestasi di Indonesia.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Tresuri dan IF BNI Adi Setianto dan Senior Managing Director Japan Finance Corporation Ryuhei Katsuno di Tokyo, Jepang, Kamis (9/5/2013).

Kerja sama ini merupakan salah satu aliansi strategis BNI dengan lembaga keuangan Jepang untuk memberikan layanan one stop solution kepada UKM Jepang yang telah berinvestasi maupun yang akan berinvestasi di Indonesia.

Sebelumnya kerjasama dengan JFC, BNI telah menjalin kerjasama dengan 50 Japan Regional Bank (JRB) dan 1 Shinkin Bank Jepang.

Melalui kerja sama itu, BNI bisa memberikan berbagai fasilitas kepada calon nasabah UKM Jepang seperti merelokasi usahanya ke Indonesia, pemberian kredit rupiah, informasi tentang kondisi perekonomian Indonesia, iklim investasi di Indonesia, dan penyelesaian perizinan usaha di Indonesia.  

Dalam penjelasannya, Adi Setianto mengatakan, kolaborasi BNI dengan bank-bank asal Jepang ini dilakukan untuk memanfaatkan momentum arus investasi perusahaan Jepang ke Indonesia akhir-akhir ini yang terus mengalami peningkatan.

"Tercatat, volume perdagangan Indonesia-Jepang pada 2012 mencapai 52,9 miliar dollar Amerika Serikat. Jepang juga menjadi negara tujuan ekspor kedua terbesar bagi Indonesia yang nilainya mencapai 30,14 miliar dollar Amerika Serikat," katanya dalam siaran pers Minggu (12/5/2013).

Dia mengatakan pelaku usaha Jepang merupakan salah satu investor penting bagi Indonesia. Pada 2011, investasi Jepang ke Indonesia mencapai 1,5 miliar dollar AS dan meningkat 60 persen lebih pada 2012 menjadi 2,5 miliar dolar AS.

"Kami optimis dengan perluasan kerjasama dengan pihak JFC akan semakin memberikan peluang bagi BNI dalam meningkatkan volume dan fee based income dari transaksi perbankan seperti penyaluran kredit, kiriman uang, forex, kartu kredit, trade finance dan sebagainya," lanjutnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.