OPEC Tingkatkan Produksi, Harga Minyak Dunia Tertekan

Kompas.com - 13/05/2013, 08:04 WIB
EditorErlangga Djumena

MELBOURNE, KOMPAS.com - Harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate Senin pagi ini (13/5/2013) masih menunjukkan tren penurunan.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.36 waktu Sydney, harga kontrak minyak jenis WTI untuk pengantaran Juni turun sebesar 44 sen menjadi 95,60 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Penurunan harga minyak terjadi setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) meningkatkan produksi minyak mereka sebanyak 30,46 juta barel per hari pada bulan lalu. Ini merupakan level tertinggi dalam lima pekan.

Menurut Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali Al Naimi, Arab Saudi menyambut baik adanya penambahan suplai minyak dari negara lain yang dapat membantu menstabilkan harga minyak.

Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Juni turun 43 sen menjadi 103,48 dollar AS per barel di ICE Futures Europe exchange.

"Untuk jangka pendek, harga minyak Brent akan sedikit melampaui 100 dollar AS. Namun, untuk jangka panjang, harga minyak Brent akan sedikit tertekan," jelas Robin Mills, head of consulting Manaar Energy Consulting and Project Management yang berbasis di Dubai. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X