Isu Chatib Basri Jadi Menkeu, Apa Komentar Pasar?

Kompas.com - 14/05/2013, 00:29 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Chatib Basri dikabarkan menjadi menteri keuangan yang baru, menggantikan Agus Martowardojo yang menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) pada 22 Mei mendatang. Lantas, apa komentar pasar?

Ekonom BNI, Ryan Kiryanto, mengaku cocok apabila pemerintah sudah menunjuk Chatib Basri menjadi menteri keuangan. Sebab, Chatib dinilai memiliki kelebihan yang lebih cocok menjadi menteri keuangan karena sudah dikenal pasar.

"Ini adalah pilihan yang cocok dengan keinginan pasar karena beliau sudah lama dikenal," kata Ryan kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (13/5/2013).

Ryan menambahkan, sosok Chatib yang kini sedang menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dinilai telah memiliki pengalaman khusus, terutama dalam hal melobi lembaga keuangan asing.

Di sisi lain, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sudah saatnya menunjuk dan menetapkan menteri keuangan definitif untuk mengurangi resistensi pasar.

"Tapi nanti ujung-ujungnya Presiden juga harus segera menunjuk pengganti Chatib untuk pos ketua BKPM," tambahnya.

Sayangnya, Ryan enggan berkomentar soal posisi Ketua BKPM yang nantinya kosong. "Yang pasti bukan saya yang mengisi," candanya.

Ekonom Unika Atmajaya, A Prasetyantoko, juga sepakat dengan Ryan. Chatib Basri dinilai cocok dengan pelaku pasar saat ini. "Chatib lebih kompeten dan independen. Semoga dia kuat menghadapi lobi-lobi soal anggaran menjelang pemilu," kata Prasetyantoko.

Prasetyantoko menambahkan, posisi menteri keuangan ini memang posisi krusial sebab dialah yang mengurus keuangan negara. Jika Presiden salah menaruh orang di posisi ini, maka keuangan negara dipertaruhkan.

Untuk saat ini, posisi Chatib dinilai paling aman sebab dia bukan orang partai dan lebih independen. Di sisi lain, Chatib sudah dikenal pelaku pasar sehingga pasar akan merespons positif.

"Hal yang paling urgent (untuk posisi menteri keuangan) adalah bebas kepentingan politik," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti belum bisa berkomentar banyak tentang penunjukan Chatib Basri menjadi menteri keuangan. "Cukup disayangkan, sebab waktunya kan tidak lama," kata Destry singkat.

Memang jabatan menteri keuangan ini hanya akan sampai pada Oktober 2014 mendatang, persis saat jabatan Kabinet Indonesia Bersatu II selesai. Saat ini, posisi Menteri Keuangan dijabat oleh Pelaksana Tugas Hatta Rajasa yang sekaligus menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X