Harga Minyak Mulai 'Menghangat' di Pasar Asia

Kompas.com - 14/05/2013, 13:01 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga minyak berbalik menguat di perdagangan Asia pada hari ini Selasa (14/5/2013) di tengah bargain-hunting setelah penurunan semalam. Akan tetapi, para analis mengatakan kekhawatiran ekonomi di Amerika Serikat dan China masih membayangi pergerakan harga tersebut.

Kontrak utama New York, minyak mentah Light Sweet untuk pengiriman Juni naik 24 sen menjadi 95,41 dollar AS per barel dan minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Juni naik 14 sen ke posisi 102,96 dollar AS pada perdagangan pagi ini.

"Minyak telah kembali pulih terutama karena pedagang berpikir itu merupakan peluang bagus untuk melakukan pemembelian," kata Victor Shum, managing director IHS Purvin and Gertz di Singapura, kepada AFP.

Dia menambahkan dalam jangka pendek, data ekonomi yang lemah dari AS dan China akan memberi banyak tekanan pada harga minyak. Semalam, harga minyak sempat turun merespon melemahnya ekonomi di Cina dan Amerika Serikat, yang selama ini menjadi konsumen minyak mentah terbesar di dunia.

Sementara itu, para analis mengungkapkan bahwa pedagang juga tetap mencermati tingkat output global. Di sisi lain, organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) pekan lalu mengumumkan telah meningkatkan produksi menjadi 30,21 juta barel per hari pada April dari 29,930 juta barel pada Maret.

Kartel yang memompa sekitar 35 persen dari pasokan minyak dunia ini akan mengadakan pertemuan untuk membahas produksi mendatang di Wina pada 31 Mei.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X