Kompas.com - 14/05/2013, 19:38 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan produsen ban tidak terlalu mengkhawatirkan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat ini.

Mereka juga belum memutuskan apakah akan menaikkan harga ban atau tidak bila harga BBM dinaikkan.

Asisten Sales and Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Frankie Paduli, mengatakan, pihaknya tidak terlalu khawatir dengan rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

"Pemerintah memang mempunyai rencana menaikkan BBM, tapi kami tidak terlalu mengkhawatirkannya," katanya saat ditemui di area uji coba Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (14/5/2013).

Frankie memaparkan, kenaikan harga BBM tidak otomatis akan membuat harga ban naik. Pasalnya, sebelum menaikkan harga ban, produsen perlu menganalisis situasi pasar terlebih dulu.

"Saat ini saya belum bisa mengatakan apakah kami akan menaikkan harga atau tidak bila harga BBM naik. Hal itu masih tergantung kondisi pasar juga," papar dia.

Ia menambahkan, alih-alih membebani, kenaikan harga BBM justru bisa membuka peluang baru bagi produsen ban.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, penjualan ban ramah lingkungan justru berpeluang naik. Bridgestone memang baru saja meluncurkan ban ramah lingkungan dengan merek Ecopia EP150.

Ban itu diklaim bisa menghemat pemakaian BBM hingga 3 persen lebih sedikit dibandingkan ban produksi Bridgestone lainnya.

Karena lebih hemat pemakaian BBM, Ecopia EP150 juga menyumbang emisi karbondioksida lebih rendah sehingga ban ini diklaim sebagai ban ramah lingkungan.

"Kami optimis Ecopia EP150 bisa meraih lebih banyak pembeli karena ban ini lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar," ujar Frankie.  



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X