Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Insiden di KPK, Ini Tanggapan PKS

Kompas.com - 14/05/2013, 20:09 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki regulasi prosedur peliputan wartawan. Tujuannya ialah agar dalam proses peliputan tidak terjadi benturan antara wartawan dan narasumber yang diliput.

"Saya punya saran agar pengaturan teman-teman yang meliput itu perlu diatur Humas KPK secara lebih baik," kata Fahri di Kantor DPP PKS, Selasa (14/5/2013).

Menurutnya, akibat yang ditimbulkan dari insiden yang terjadi di Gedung KPK hari ini tidak hanya akan merugikan wartawan, tetapi juga narasumber yang diliput.

"Sebab, itu dapat menyebabkan kecelakaan fisik dan isu-isu yang tidak enak," katanya.

Terkait pengawalan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hilmi Aminuddin, hari ini, dikatakan, sebelumnya Hilmi meminta untuk tidak dikawal ketika datang ke KPK. Namun, karena permintaan dari rekan-rekan partai, akhirnya Hilmi pun dikawal.

"Saya tidak tahu sebab semalam itu, Pak Hilmi itu tadinya minta tidak didampingi. Tadinya minta mau datang sendiri naik taksi. Cuma teman-teman bilang jangan begitu," katanya.

Sebelumnya, dalam pemeriksaan Hilmi Aminuddin terjadi kericuhan. Terjadi bentrokan antara para pewarta dan pria yang diduga pengawal Hilmi saat petinggi PKS ini meninggalkan Gedung KPK, Jakarta. Kericuhan bermula ketika seorang pria yang mengenakan kaus kelabu tampak masuk ke dalam kerumunan wartawan dan menghalang-halangi pewarta mengambil gambar Hilmi.

Saat itu, Hilmi tengah berdiri memberikan keterangan singkat di tangga keluar Gedung KPK untuk kemudian masuk ke Pajero Sport yang telah menunggunya.

Melihat aksi seorang pria ini, para pewarta merasa keberatan. Terjadilah saling dorong dan saling sikut antara pewarta dan pengawal Hilmi. Ada belasan pria berbaju batik yang memang mengawal Hilmi sejak tiba di Gedung KPK pagi tadi hingga keluar sekitar pukul 15.00 WIB.

Setelah Hilmi masuk ke Pajero Sport dan meninggalkan Gedung KPK, bentrok semakin menjadi. Wartawan tampak marah dengan pria yang dianggap mereka telah mengganggu proses peliputan tersebut. Pria yang dicurigai sebagai pengawal Hilmi itu pun lari ke gedung sebelah KPK. Untungnya, petugas kepolisian langsung melerai massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com