Kompas.com - 15/05/2013, 10:12 WIB
|
EditorErlangga Djumena

 

HONGKONG, KOMPAS.com - Laba Hon Hai Precisions Industry Co, induk dari Foxconn Technology hingga kuartal I-2013 ini merosot. Hal ini disebabkan pengiriman dan penjualan iPhone dan iPad dari Apple menurun.

Seperti diketahui, Apple memang memesan perakitan seluruh produk Apple khususnya iPhone dan iPad di Foxconn. Perusahaan asli Taiwan ini telah memiliki pabrik perakitan ponsel dan tablet terbesar di China.

Laba bersih Hon Hai sebesar 16,4 miliar dollar Taiwan (NT) atau sebesar 549 juta dollar AS. Nilai tersebut jauh dari prediksi analis yang memerkirakan laba semula 19 miliar dollar Taiwan.

Pelemahan pemesanan perakitan ponsel dari Apple disinyalir menjadi penyebab penurunan laba Hon Hai tersebut. Apalagi pasar komputer global juga mengalami pelemahan hingga pendapatan Hon Hai sendiri turun 19 persen sejak awal tahun.

Penjualan Hon Hai juga turun karena pihaknya juga masih menunggu produk baru yang akan dirakit khususnya yang akan diperkenalkan ke pasar di kuartal II-2013. "Pengiriman ponsel dan tablet dari Apple menurun, khususnya dari iPhone. Hal itulah yang menyebabkan pendapatan Hon Hai juga merosot dan mengimbas ke laba," kata analis berbasis di Hongkong, Alberto Moel.

Moel juga menambahkan bahwa bisnis dari non Apple sendiri juga mengalami penurunan karena pasar komputer pribadi (PC) juga turun serta pelemahan dari produk elektronik seperti konsol game dan kamera digital.

Di kuartal I-2013 ini, pendapatan Hon Hai juga merosot menjadi 809 miliar dollar Taiwan Baru, lebih kecil dari prediksi analis semula sebesar 895 miliar dollar Taiwan Baru. Di kuartal II-2013 ini, pendapatan Hon Hai diprediksi merosot 5,5 persen dari awal tahun sebesar 843 miliar dollar Taiwan Baru. Hal ini sesuai dengan estimasi dari 12 analis Bloomberg. Terkait rencana bisnisnya ke Indonesia, apakah Foxconn akan jadi investasi di sini? Tunggu saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X