Soal Menkeu Baru, Hatta: Tunggu Presiden

Kompas.com - 15/05/2013, 16:06 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perekonomian Hatta Rajasa masih enggan berkomentar soal sosok yang akan menjadi menteri keuangan definitif, pengganti Agus Martowardojo. Saat ini, seluruh keputusan ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelumnya, Hatta pernah menjelaskan bahwa Presiden akan mengumumkan nama untuk menteri keuangan definitif dalam pekan ini. Namun hingga saat ini, Presiden belum juga memutuskan. "Nanti, tunggu Presiden saja (yang mengumumkan)," kata Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Seperti diberitakan, Hatta juga pernah menjelaskan bahwa menteri keuangan yang baru masih dari kalangan anggota kabinet saat ini. Namun, Hatta masih enggan menyebut namanya. "Tunggu saja sampai dilantik besok. Yang jelas masih dalam lingkungan kabinet kita dan dia yang jelas bukan dari partai politik," kata Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Hatta menganggap bahwa sosok menteri keuangan yang baru ini merupakan sosok dari kalangan profesional. Sebab, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ingin agar posisi menteri keuangan tidak dijabat dari kalangan partai politik.

Hatta menambahkan, kriteria menteri keuangan yang baru, seperti yang disampaikan oleh Presiden, adalah sosok yang memiliki integritas dan kapabilitas, yang dalam hal ini menggeluti dan mengerti dunia keuangan secara penuh dan mampu menjaga pertumbuhan ekonomi secara utuh.

Di sisi lain, menteri keuangan adalah sosok yang harus mampu menjaga kebijakan-kebijakan yang terkait dengan insentif fiskal dan khususnya tentang investasi. "Sehingga menteri keuangan ini pun harus mampu membangun iklim investasi yang baik," tambahnya.

Disinggung soal Chatib Basri yang akan menjabat sebagai menteri keuangan yang baru, Hatta pun enggan berkomentar, "Tunggu saja besok. Sekaligus akan dilantik Presiden," katanya.

Hal ini diungkapkan Hatta menanggapi santernya kabar yang menyebutkan bahwa Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri akan menjadi menteri keuangan.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X