Harga Premium di Sumenep Rp 10.000 Per Liter

Kompas.com - 15/05/2013, 19:04 WIB
|
EditorFarid Assifa

SUMENEP, KOMPAS.com — Meskipun belum ada kepastian naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) dari pemerintah, di sejumlah kepulauan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, harga premium sudah naik.

Seperti di Pulau Sapeken dan Pulau Masalembu, sepekan terakhir, harga premium sudah mencapai Rp 10.000 per liter dan solar Rp 9.500 per liter.

Dulsiam, warga Pulau Sapeken, mengatakan, kenaikan harga BBM itu perbedaannya jauh dengan di daratan Sumenep. Kenaikan itu sebagai dampak rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Meskipun belum ada keterangan resmi soal kenaikan harga, masyarakat sudah panik duluan dengan menjual harga di luar batas," ujarnya, Rabu (15/05/2013).

Dijelaskan pria yang juga anggota DPRD Sumenep ini, kondisi BBM di kepulauan sebetulnya tidak ada kelangkaan. Sebab, pasokan dari Pertamina tidak ada persoalan dan lancar.

"Ini menurut saya karena dampak psikologis masyarakat saja. Prinsip mereka daripada rugi lebih baik menaikkan harga duluan," terangnya.

Kondisi seperti itu, kata Dulsiam, harus diantisipasi oleh aparat keamanan dan Pemerintah Sumenep. Pasalnya, besar kemungkinan pedagang yang nakal akan melakukan penimbunan BBM yang berakibat kepada kelangkaan BBM di kepulauan.

"Kalau dibiarkan, masyarakat, khususnya nelayan yang paling membutuhkan BBM, akan semakin terbebani hidupnya. Mata pencaharian mereka semuanya menggantungkan kepada laut dan jika BBM langka, sumber kehidupan mereka akan terhenti," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X