Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Manufaktur Amerika Serikat Melemah

Kompas.com - 16/05/2013, 08:22 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor manufaktur di Amerika Serikat menunjukkan penurunan. Namun, hal ini justru menimbulkan spekulasi akan berlanjutnya program stimulus di negeri itu. Bursa sahamnya pun menghijau.

Industrial Production AS turun sekitar 0,5 persen pada bulan April, terendah dalam delapan bulan terakhir. Sektor manufaktur di New York pada Mei ini mencatat penurunan sekitar 1,4 persen karena pemesanan turun sekitar 1,2 persen dan penjualan yang stagnan.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, perlambatan data-data ini sebagai dampak dari ekonomi mitra dagang AS terutama zona Euro yang masih resesi. Penurunan ini bisa menurunkan penyerapan tenaga kerja baru. Namun, investor justru merespon positif penurunan data tersebut karena mengantisipasi kemungkinan the Fed masih akan menginjeksi ekonomi sebesar 85 miliar dollar AS per bulan untuk mencapai target tingkat pengangguran 6,5 persen.

Posisi tingkat pengangguran sekarang masih di kisaran 7,5 persen, sementara target inflasi di atas 2,5 persen dari posisi sekarang 1,5 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com