Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Siap Naik Terdorong Asia

Kompas.com - 16/05/2013, 08:59 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas bursa Asia bergerak menguat pagi ini setelah Jepang melaporkan pertumbuhan produk domestik bruto kuartal pertama. Ini dapat menjadi pendorong kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan Kamis (16/5/2013).

PDB Jepang triwulan pertama 2013 naik 3,5 persen dibanding periode sama tahun lalu. Ini jauh lebih baik dari estimasi pasar sebesar 2,7 persen. Harga minyak dunia bergerak flat pagi ini sementara nilai tukar rupiah menguat tipis.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan IHSG akan kembali dapat menguat memfaktorkan sentimen dari regional dengan didorong oleh kenaikan sektor perbankan, infrastruktur, dan konsumer. Sektor properti tampaknya akan flat, seiring dengan wacana BI untuk kembali memperketat KPR.

Resisten indeks berada di level 5.116. Bursa AS kembali ditutup menguat dan juga new high didorong oleh ekpektasi The Fed akan tetap mempertahankan kebijakan stimulus ekonomi setelah data manufaktur dan industrial production AS cukup mengecewakan di bulan April.

Bursa Eropa kemarin juga menguat setelah Bank of England menaikkan proyeksi ekonomi Inggris, dan hal ini mengkompensasi pertumbuhan ekonomi Eropa di triwulan pertama tahun ini yang lebih rendah dari estimasi. Minyak menguat tipis 0,1 persen, setelah sebelumnya melemah dalam empat hari berturut-turut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com