Kompas.com - 16/05/2013, 16:12 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku sedang mencari investor yang bersedia menanam uangnya untuk membiayai proyek perseroan yang akan dikerjakan sampai 2018.

Nur Pamudji, Direktur Utama PLN, mengatakan, pihaknya membutuhkan setidaknya Rp 100 triliun untuk membiayai proyek pembangkit listrik dan transmisi di periode tahun 2014-2018.

"Rinciannya, untuk investasi bangun pembangkit listrik 9 miliar dollar AS, untuk bangun transmisi 1,9 miliar dollar AS. Totalnya jadi sekitar Rp 100 triliun," ujar Nur saat acara Forum Komunikasi Investasi BUMN di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Sayang, dia tidak memberikan perincian proyek apa saja yang akan ditawarkan pihaknya itu. Nur menjelaskan, proyek yang paling besar yang akan digarapnya adalah pembangunan pembangkit listrik di Jawa Tengah yang butuh biaya Rp 30 triliun.

"Sedangkan untuk proyek yang terkecil nilainya 200 juta dollar AS. Proyek itu untuk membangun pembangkit listrik seperti yang ada di Jatiluhur, Jawa Barat," ujarnya.

Melihat kebutuhan investasi yang begitu besar, Nur mengundang investor Indonesia agar mau bergabung mengerjakan proyek tersebut. "Saya penasaran kemampuan pembiayaan dalam negeri seberapa besar karena proyek kami begitu besar, Rp 100 triliun," ujar Nur. Nur juga mengakui bahwa selama ini pihaknya banyak mendapat suntikan dana dari pinjaman bank asing dan dari global bond. (Oginawa R Prayogo/ Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.