Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Dana Rp 100 Triliun, PLN Cari Pemodal

Kompas.com - 16/05/2013, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku sedang mencari investor yang bersedia menanam uangnya untuk membiayai proyek perseroan yang akan dikerjakan sampai 2018.

Nur Pamudji, Direktur Utama PLN, mengatakan, pihaknya membutuhkan setidaknya Rp 100 triliun untuk membiayai proyek pembangkit listrik dan transmisi di periode tahun 2014-2018.

"Rinciannya, untuk investasi bangun pembangkit listrik 9 miliar dollar AS, untuk bangun transmisi 1,9 miliar dollar AS. Totalnya jadi sekitar Rp 100 triliun," ujar Nur saat acara Forum Komunikasi Investasi BUMN di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Sayang, dia tidak memberikan perincian proyek apa saja yang akan ditawarkan pihaknya itu. Nur menjelaskan, proyek yang paling besar yang akan digarapnya adalah pembangunan pembangkit listrik di Jawa Tengah yang butuh biaya Rp 30 triliun.

"Sedangkan untuk proyek yang terkecil nilainya 200 juta dollar AS. Proyek itu untuk membangun pembangkit listrik seperti yang ada di Jatiluhur, Jawa Barat," ujarnya.

Melihat kebutuhan investasi yang begitu besar, Nur mengundang investor Indonesia agar mau bergabung mengerjakan proyek tersebut. "Saya penasaran kemampuan pembiayaan dalam negeri seberapa besar karena proyek kami begitu besar, Rp 100 triliun," ujar Nur. Nur juga mengakui bahwa selama ini pihaknya banyak mendapat suntikan dana dari pinjaman bank asing dan dari global bond. (Oginawa R Prayogo/ Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com