Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RBS Akan PHK 1.400 Karyawan

Kompas.com - 17/05/2013, 10:56 WIB
Didik Purwanto

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Royal Bank of Scotland (RBS) akan memangkas sekitar 1.400 karyawan, khususnya dari divisi perbankan ritel.  Tindakan ini sebagai upaya memangkas biaya perusahaan.

Rencananya, pemangkasan karyawan tersebut akan dilakukan dalam dua tahun ke depan. Pemangkasan karyawan tersebut akan dilakukan di kantor RBS di Edinburg London Inggris.

Hingga saat ini, bank yang telah menyalurkan sekitar 81 persen pinjaman dana ini telah melakukan pemangkasan karyawan 35.000 orang sejak krisis keuangan melanda Eropa tahun 2008 lalu. Biaya yang telah dikeluarkan sebagai kompensasi pemangkasan karyawan ini sekitar 45,5 miliar euro.

"Untuk melayani pelanggan kami dengan baik, maka kami memastikan bahwa sumber daya kami akan fokus pada hal-hal yang penting bagi perusahaan," kata Ross McEwan, Chief Executive RBS bagian Retail Operations.

Tentu saja hal ini menjadi pilihan yang sulit bagi RBS. Pihak RBS pun berjanji akan memberikan kompensasi terbaik bagi karyawan dan mencari peluang untuk memindahkan karyawan sebisa mungkin ke bagian lain. Kebijakan ini menyusul setelah dua hari lalu Chairman RBS Philip Hampton mengisyaratkan agar karyawan RBS bisa mencari pekerjaan yang lebih baik dari RBS.

Pada pertemuan tahunan para direksi RBS pada Selasa lalu, RBS menyatakan akan mengurangi karyawan serta menutup cabang bank sebelum program restrukturisasinya selesai.

"Pemangkasan karyawan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja keuangan kami. Ini juga akan mengefisienkan operasional kami," kata Hampton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com