Harga Minyak di Pasar Asia Turun

Kompas.com - 17/05/2013, 13:39 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak turun di perdagangan Asia pada Jumat (17/5/2013) karena data perumahan dan pekerjaan dari Amerika Serikat yang melemah telah memicu kekhawatiran permintaan minyak mentah yang lesu di ekonomi terbesar dunia.   

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Juni, turun 14 sen menjadi 95,02 dollar AS per barel dan minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Juli turun 15 sen ke posisi 103,63 dollar pada pertengahan perdagangan pagi.

"Pasar telah mengalami ketakutan terhadap angka-angka yang lebih buruk dari yang diperkirakan," kata David Lennox, analis sumber daya pada Fat Prophets di Sydney, kepada AFP.

"Data ketenagakerjaan yang buruk dari AS telah mengirimkan kegelisahan pasar, dengan dealer merasa prihatin atas dampaknya terhadap permintaan minyak."

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Kamis (16/5/2013) waktu setempat, klaim baru untuk manfaat asuransi pengangguran AS melonjak tajam menjadi 360.000 dalam pekan yang berakhir 11 Mei setelah muncul secara tiba-tiba angka rendah selama beberapa minggu.

Data menunjukkan, klaim pengangguran awal, naik 32.000 dari angka revisi minggu sebelumnya. Sementara pembangunan rumah baru di Amerika Serikat melambat tajam pada April menyusul lonjakan Maret.

Indikator ekonomi Amerika Serikat yang merupakan konsumen minyak terbesar di dunia, dipantau ketat para dealer karena mempengaruhi harga komoditass global tersebut.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X