Bursa Jepang Ditutup Menghijau

Kompas.com - 17/05/2013, 14:53 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa saham Tokyo ditutup naik 0,67 persen pada Jumat, menghapus kerugian pada awal perdagangan , karena meningkatnya harapan pemulihan ekonomi Jepang didukung langkah-langkah ekonomi pemerintah.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Saham Tokyo ditutup naik 100,88 poin menjadi 15.138,12, sedangkan indeks Topix dari seluruh saham papan utama bertambah 0,64 persen atau 8,01 poin menjadi 1.253,24.

Saham Jepang menghadapi tekanan jual pada awal perdagangan dari para hedge fund asing yang melakukan ambil untung, setelah saham AS merosot menyusul pemecahan rekor penutupan baru-baru ini.

"Saham-saham berkapitalisasi besar terus menerima tawaran dari reksa dana luar negeri, tetapi banyak hedge fund mulai mengambil keuntungan," kata Kenichi Hirano, analis pasar di Tachibana Securities.

Namun indeks Nikkei kembali ke wilayah positif dalam perdagangan sore "ketika banyak pemain ingin membeli pada saat harga turun", kata Takero Inaizumi, penyiasat Mizuho Securities.

Dia menambahkan bahwa aksi beli pada Jumat sore juga didukung oleh harapan yang tinggi dari langkah-langkah ekonomi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan kebijakan pelonggaran moneter. Media setempat mengatakan Abe pada sore ini akan meluncurkan langkah-langkah ekonomi tahap berikutnya yang dijuluki "Abenomics", dimaksudkan untuk membalikkan deflasi bertahun-tahun di ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

Saham Jepang telah melonjak sejak Desember ketika yen jatuh karena pemerintah bersemangat mendorong pengeluaran dan bank sentral Jepang (BoJ) melakukan pelonggaran moneter besar-besaran.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X