Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Jepang Ditutup Menghijau

Kompas.com - 17/05/2013, 14:53 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa saham Tokyo ditutup naik 0,67 persen pada Jumat, menghapus kerugian pada awal perdagangan , karena meningkatnya harapan pemulihan ekonomi Jepang didukung langkah-langkah ekonomi pemerintah.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Saham Tokyo ditutup naik 100,88 poin menjadi 15.138,12, sedangkan indeks Topix dari seluruh saham papan utama bertambah 0,64 persen atau 8,01 poin menjadi 1.253,24.

Saham Jepang menghadapi tekanan jual pada awal perdagangan dari para hedge fund asing yang melakukan ambil untung, setelah saham AS merosot menyusul pemecahan rekor penutupan baru-baru ini.

"Saham-saham berkapitalisasi besar terus menerima tawaran dari reksa dana luar negeri, tetapi banyak hedge fund mulai mengambil keuntungan," kata Kenichi Hirano, analis pasar di Tachibana Securities.

Namun indeks Nikkei kembali ke wilayah positif dalam perdagangan sore "ketika banyak pemain ingin membeli pada saat harga turun", kata Takero Inaizumi, penyiasat Mizuho Securities.

Dia menambahkan bahwa aksi beli pada Jumat sore juga didukung oleh harapan yang tinggi dari langkah-langkah ekonomi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan kebijakan pelonggaran moneter. Media setempat mengatakan Abe pada sore ini akan meluncurkan langkah-langkah ekonomi tahap berikutnya yang dijuluki "Abenomics", dimaksudkan untuk membalikkan deflasi bertahun-tahun di ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

Saham Jepang telah melonjak sejak Desember ketika yen jatuh karena pemerintah bersemangat mendorong pengeluaran dan bank sentral Jepang (BoJ) melakukan pelonggaran moneter besar-besaran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com