Kompas.com - 21/05/2013, 14:28 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Jenderal Pajak terus disorot publik setelah para pegawainya satu per satu ditangkap dengan sangkaan korupsi. Terakhir, dua pegawai pajak tertangkap tangan karena diduga menerima suap terkait pengurusan pajak PT The Master Steel.

Bagaimana langkah Menteri Keuangan baru, Chatib Basri, untuk mengatasi permasalahan tersebut? Chatib mengatakan, dia perlu melihat dulu situasi di Ditjen Pajak. Pasalnya, kata dia, hal itu bukan masalah yang sederhana.

"Saya perlu duduk untuk tahu apa yang terjadi di sana dan langkah-langkah apa saja yang akan diambil," kata Chatib seusai dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Chatib mengaku sudah berbicara secara informal dengan Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmay. Hanya, perlu ada pembicaraan lebih lanjut untuk membahas hal-hal yang lebih spesifik.

Seperti diberitakan, terkait banyaknya pegawai pajak terseret korupsi, Fuad berharap masyarakat tidak mengasumsikan bahwa semua pegawai pajak terlibat korupsi. Sebab, sebagian besar pegawai pajak masih berkelakuan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.