Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan: Chatib Bisa Independen karena Tidak dari Partai

Kompas.com - 21/05/2013, 14:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai Menteri Keuangan Chatib Basri yang baru dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan sosok yang sanggup menjalankan tugas dengan baik.

"Dia (Chatib) sudah pernah di birokrasi, bukan berasal dari partai, sehingga posisinya bisa lebih independen," kata Dahlan seusai menghadiri perayaan Hari Kebangkitan Nasional bersama dengan sekitar 10.000 guru se-Kabupaten Bogor, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jabar, Selasa (21/5/2013).

Menurut Dahlan, sesuai dengan latar belakangnya, Chatib juga dinilai mampu bekerja memenuhi target-target yang ditetapkan pemerintah. "Target-target indikator makro ekonomi, target pertumbuhan, menekan inflasi, investasi yang tinggi, saya kira dapat dicapai," ujar Dahlan.

Lebih dari itu, mantan Dirut PT PLN ini juga menilai bahwa Chatib mampu mendisiplinkan APBN, mengerem inflasi untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM bersubsidi dan menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran 2013.

Pada Senin (20/5/2013), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi menunjuk Chatib Basri menjadi Menteri Keuangan RI, menggantikan Agus Martowadojo.

Adapun pengangkatannya sebagai Menkeu ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 60P Tahun 2013. Chatib Basri meraih gelar sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1992, kemudian melanjutkan pendidikan di Australia National University dan berhasil mendapat gelar Master of Economic Development pada 1996. Pada 2001, Chatib memperoleh gelar PhD di bidang Ekonomi dari universitas yang sama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com