Antisipasi Kenaikan BBM dengan Pembenahan Internal

Kompas.com - 21/05/2013, 18:21 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Ketimbang mengutamakan opsi menaikkan harga, PT Unilever Indonesia Tbk melakukan pembenahan keuangan internal  sebagai langkah antisipasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Presiden Direktur emiten berkode UNVR itu, Maurits  Lalisang, mengemukakan kebijakan pihaknya saat pemaparan publik kinerja perusahaan selama kuartal satu 2013. Acara tersebut  berlangsung pada Selasa (21/5/2013).

Maurits lebih lanjut menerangkan setidaknya ada tiga langkah antisipasi tersebut. Pertama adalah memusatkan perhatian pada  program efektivitas pembiayaan internal. Langkah ini menjadi penting lantaran pembiayaan pada pos ini di UNVR besarnya  sekitar 2,5 persen dari total pembiayaan. "Angka ini besar,"katanya.

Selanjutnya, ada pula kebijakan untuk menekan ongkos pembiayaan yang diangap tidak diperlukan. Misalnya, tutur Maurits,  pelatihan-pelatihan internal akan memanfaatkan teknologi pembicaraan jarak jauh. "Tentunya ini akan lebih menghemat  daripada training di berbagai tempat,"katanya.

Kemudian, kebijakan lainnya adalah dengan peningkatan penjualan produk-produk secara gabungan. "Ini dahulu yang dibenahi  sebelum memilih menaikkan harga,"imbuhnya seraya menambahkan kalaupun pilihan kenaikan harga yang dipilih, angka kenaikan  untuk seluruh produk berada di kisaran lima persen.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, kata Maurits, UNVR membagikan deviden sebesar Rp 634 per lembar saham untuk tahun  buku 2012. Angka ini naik 16 persen ketimbang periode sama pada 2011.

Pada pemaparan publik itu, UNVR mempublikasikan catatan rerata pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 14,6 persen selama kurun  waktu 10 tahun terakhir. Sampai dengan tahun 2012 usai, UNVR membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 16,3 persen atau  total lebih dari Rp 27,3 triliun.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X