Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Danamon oleh DBS Ingin Lancar, Singapura Harus Jalankan Ini

Kompas.com - 21/05/2013, 18:55 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menyatakan bahwa pihaknya memiliki syarat khusus apabila DBS ingin mengakuisisi penuh (67,37 persen) saham Bank Danamon.

Menurut Darmin, syarat yang diminta adalah agar azas resiprokal bisa segera diterapkan untuk bank-bank BUMN yang akan melakukan ekspansi di negara tetangga, misalnya di Singapura dan Malaysia.

Seperti diketahui, ada Bank Mandiri, BRI dan BNI yang ingin membuka kantor cabang di Singapura. Tapi sampai sekarang bank sentral Singapura tidak memberikan izin pembukaan kantor cabang bank nasional di sana, dan hanya memiliki unit bisnis di Singapura dan Malaysia saja.

"Kita tidak akan berikan (izin pengambilalihan saham penuh DBS di Bank Danamon) kalau janjinya belum diwujudkan," tambahnya.

Atas ancaman Darmin, bank sentral Singapura (Monetary Authority of Singapore /MAS) pun sudah berkomitmen untuk mendukung pengembangan bank-bank nasional di Singapura. "Selanjutnya mereka akan memperhatikan komitmen kita atas realisasi dari janji saya," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com