Kompas.com - 22/05/2013, 17:04 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) menyelenggarakan Indonesia Banking Expo (IBEX) 2013 dengan tema Penguatan Struktur Perbankan Nasional Untuk Meningkatkan Daya Saing Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

"Pemilihan tema didasari oleh pemikiran bahwa dalam dua tahun ke depan masyarakat ASEAN akan berhimpun dalam satu pasar tunggal yang terintegrasi yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," ujar Ketua Umum Perbanas Sigit Pramono dalam konferensi pers, Rabu (22/5/2013).

Penyelenggaraan IBEX 2013 merupakan ketiga kalinya oleh Perbanas. IBEX tahun ini akan diadakan 23-25 Mei 2012, di Jakarta Convention Center. Sigit mengatakan pertanyaan yang sering mengemuka terkait pemberlakuan MEA 2015 adalah kesiapan para pelaku usaha nasional. Sebab, MEA memberikan peluang yang harus diraih, sekaligus tantangan yang perlu dihadapi.

"Semangatnya tentu saja siap atau tidak siap pengusaha nasional termasuk pelaku usaha perbankan harus siap menyongsong diberlakukannya MEA mulai tahun 2015 bagi sektor riil dan 2020 bagi pelaku usaha sektor keuangan termasuk perbankan," ujar Sigit.

Menurut Sigit, indikator makroekonomi dua-tiga tahun terakhir memberikan sinyal cukup baik. Oleh karena itu, kata dia, semestinya pemerintah beserta seluruh pemangku kepentingan dan pelaku usaha nasional telah siap menyambut MEA 2015 nanti.

"Pertumbuhan ekonomi dua tahun terakhir berada di atas enam persen, sementara laju inflasi berada di bawah lima persen yang menandai pengelolaan makro ekonomi, moneter dan fiskal yang disertai kehati-hatian," kata dia.

Sigit berharap kecenderungan menurunnya inflasi dan suku bunga acuan selama 14 bulan terakhir di Indonesia akan terus berlanjut, sehingga memberikan daya dukung bagi peningkatan daya saing perekonomian secara makro dan daya saing perbankan.  Secara umum, dia menilai integrasi sektor keuangan melalui MEA membawa arti penting bagi perbankan nasional mengingat integrasi keuangan akan dimulai dengan integrasi sektor perbankan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X