Singapura Bakal Kenakan Wajib Militer untuk Wanita?

Kompas.com - 23/05/2013, 02:28 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SINGAPURA, KOMPAS.com — Warga negeri jiran Singapura sedang memperdebatkan isu hangat apakah wanita perlu mengikuti wajib militer. Isu ini menjadi bagian dari topik penting yang dibahas dalam sesi Singapore Conversation.

Acara yang dihadiri oleh 110 remaja dan pemuda ini membahas apakah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat jati diri atau identitas bangsa. Wajib militer bagi wanita menjadi salah satu pilihan yang banyak diusulkan hadirin.

Pro dan kontra bermunculan, tetapi kebanyakan hadirin menyatakan pemerintah dapat mempertimbangkan ide yang masih relatif kontroversial ini. Dengan lantang, Heng Jia Min, siswi dari sekolah putri Raffles, bersuara bahwa dia bersama dengan rekannya siap mati untuk membela Singapura.

Jia Min menambahkan, identitas bangsa adalah sesuatu yang dimiliki oleh semua penduduk. Selama ini semua warga tahu wajib militer merupakan salah satu langkah Pemerintah Singapura untuk menumbuhkan cinta tanah air.

Siswi ini menjelaskan, wajib militer dapat mendorong kaum wanita untuk lebih memperkuat identitas mereka sebagai warga Singapura. Sejumlah pihak menilai wajib militer akan membuat wanita Singapura memahami dua tahun pengorbanan kolega pria.

Selain itu, dengan angka kelahiran yang sangat rendah saat ini, wajib militer wanita akan memperkuat militer Negeri Merlion. Jika dua tahun dinilai terlalu lama, enam bulan dapat menjadi solusi minimal. Diharapkan juga wanita akan dilatih untuk mengerti kondisi medan tempur, keamanan lingkungan, dan mencegah meningkatnya angka kriminalitas.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X