Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangerang Selatan Jadi Incaran Pengembang

Kompas.com - 23/05/2013, 03:13 WIB

Tangerang, Kompas - Meski lahan terbatas dan harga mahal, Tangerang Selatan masih menjadi incaran pengembang properti untuk berinvestasi. Kepala Kantor Penanaman Modal Daerah Tangsel Oting Ruhiyat mengatakan, sektor properti, jasa, dan perdagangan masih menjadi incaran.

”Hampir tiap hari, ada yang mengajukan rencana investasi,” kata Oting, Rabu (22/5).

Menurut Oting, selain pengembang besar yang ada, seperti BSD City, Alam Sutera, dan Jaya Property, pengembang kecil pun turut berebut lahan untuk berinvestasi. ”Selain yang besar, ada puluhan pengembang kecil yang membangun klaster ukuran satu atau dua hektar,” ujarnya.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tangsel 2012, empat pengembang besar menguasai sekitar 50 persen luas wilayah Tangsel. Mereka menguasai lahan lebih dari 7.326 hektar, dari 14.700 total luas wilayah Tangsel.

Selama 2011, kurang lebih 75 hunian dibangun dengan total luasan mencapai 190 hektar. Kemudian, hingga menjelang akhir 2012, sekitar 70 hunian baru dibangun dengan luasan sekitar 90 hektar.

Oting menambahkan, minat besar itu perlu diatur agar tidak memunculkan masalah. ”Bukan membatasi investasi, tetapi harus sesuai aturan rencana tata ruang wilayah (RTRW), karena ini berkaitan dengan isu lingkungan, infrastruktur. Banjir dan macet bisa menjadi ancaman kalau tidak diatur dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, di Kota Tangerang, daya dukung berupa lahan sudah sangat padat sehingga Pemerintah Kota Tangerang tidak lagi membangun kawasan perumahan dengan skala besar. Pengembangan perumahan hanya dilakukan untuk lahan kosong milik perseorangan, kelompok, dan perusahaan yang sudah dibebaskan.

Perumahan yang akan dibangun lebih diarahkan kepada rumah vertikal, dan bukan horizontal. ”Untuk pembukaan lahan baru, terutama kawasan perumahan skala besar, sama sekali sudah tidak ada lagi. Adapun untuk kawasan perumahan skala kecil masih dimungkinkan hanya saja hunian vertikal, di mana kepemilikan hunian oleh banyak orang,” ucap Kepala Bappeda Kota Tangerang Yayan Sofyan.

Secara terpisah, Ketua Real Estat Indonesia Banten Mari Okto Sihombing mengatakan, tingkat kebutuhan perumahan di Kota dan Kabupaten Tangerang dan Tangsel sangat tinggi. ”Tingginya permintaan perumahan ini karena tiga wilayah itu menyangga Ibu Kota. Mau tidak mau, harus mengakomodir kebutuhan masyarakat akan perumahan,” tutur Sihombing.

Meski lahan sudah sangat terbatas, kata Sihombing, pihaknya berharap pemerintah wilayah dapat mengakomodasi kebutuhan perumahan bagi warga dengan cara mengatur dalam penataan kota dan ruangan. ”Jika lahan terbatas, pembangunan perumahan tidak bisa lagi secara horizontal, sebaiknya diakomodir pembangunan hunian vertikal,” kata Sihombing. (PIN/RAY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com