Menikmati Wisata di Pesisir Selatan Jabar

Kompas.com - 25/05/2013, 09:45 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com — Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang paling menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Terletak di semenanjung pantai selatan Jawa Barat sekitar 91 km dari Ciamis, Pangandaran menawarkan pasir pantai hitam dan putih, ombak yang tenang, dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Obyek wisata ini menghadap ke Samudera Hindia, berjarak 223 km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta, dan terletak di pertengahan antara Bandung dan Yogyakarta.

Semenanjung cantik ini dulu hanya dikenal sebagai kota nelayan kecil, di mana nelayan pergi di pagi hari dan kembali pada sore hari dengan membawa ikan. Ketika nelayan tiba, semua penduduk setempat akan membantu mereka membawa ikan ke pantai. Kegiatan ini masih dapat dilihat sampai hari ini. Anda juga dapat berpartisipasi dan merasakan sensasi menarik jaring ikan yang berat ke pantai.

Pantai Pananjung, terletak di bagian barat semenanjung, adalah tempat yang ideal untuk wisata keluarga. Di sini, ombaknya relatif tenang sehingga Anda dan keluarga bisa berenang.

Anda juga dapat berjemur di bawah sinar matahari atau hanya sekadar menikmati panorama memesona. Di sekitar pantai merupakan bukit hutan yang juga merupakan cagar alam. Hutan ini adalah tempat tinggal bagi banyak monyet, rusa, kerbau, dan hewan eksotis lainnya.

Ada juga sejumlah goa-goa alami dan goa buatan manusia. Beberapa dibangun oleh Jepang selama Perang Dunia II sebagai bungker pertahanan.

pantai-pangandaran
Pantai Pangandaran. (Indonesia.travel)

Di puncak bukit terdapat air terjun yang indah di mana airnya langsung mengalir ke laut. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus berjalan kaki, tapi jangan khawatir, sepanjang jalan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang mengagumkan.
 
Pantai Timur adalah surga bagi penggila makanan laut. Di sini, Anda dapat mencoba olahan laut di banyak restoran dan warung makanan yang menawarkan ikan segar, cumi-cumi, kepiting, udang dan lain-lain, yang ditampilkan di etalase restoran mereka.

Di bagian selatan terdapat pasar ikan segar di mana Anda dapat membeli ikan segar langsung dari nelayan. Pantai Timur merupakan tempat untuk jet ski dan banana boat yang tentu saja merupakan cara terbaik untuk melepaskan stres dan menyegarkan suasana hati Anda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X