Kompas.com - 27/05/2013, 09:40 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) masih terus memproses proposal akuisisi Bank Danamon yang disampaikan oleh DBS Group. Jika bank asal Singapura ini jadi mengambil saham Danamon, mereka harus mengkonsolidaikan bank miliknya di Indonesia.

Sekadar informasi, DBS Group Holding memiliki 99 persen saham PT DBS Indonesia. Dalam proposal akuisisinya, DBS berencana mengakuisisi 100 persen saham Fullertron Finansial Holding. Perusahaan investasi ini memiliki 100 persen saham Asia Finansial Indonesia (AFI), yang merupakan pemegang 67,37 persen saham Bank Danamon.

Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah mengatakan, jika DBS jadi mengambil alih saham Danamon maka DBS harus tunduk pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/24/PBI/2012 tentang Kepemilikan Tunggal atau single presence policy. Dalam beleid ini BI mewajibkan investor yang jadi pengendali di dua bank harus mengonsolidasikan anak usahanya.

Pemegang saham bisa memilih membentuk induk usaha (holding company) atau menggabungkan alias merger anak-anak usaha banknya. "Mereka wajib konsolidasi agar pengawasannya mudah," ujar Halim, akhir pekan lalu.

Sejatinya, opsi merger lebih menarik karena bank dapat beberapa insentif. Contohnya, pelonggaran sementara pemenuhan giro wajib minimum (GWM), perpanjangan waktu penyesuaian batas maksimum pemberian kredit (BMPK), kemudahan izin pembukaan cabang dan pelonggaran sementara penerapan tata kelola atau good corporate governance (GCG).

Di sisi lain, Halim belum bisa memastikan apakah DBS akan menguasai secara tidak langsung 67,37 persen saham atau hanya 40 persen saham Bank Danamon. Sebab, hingga pekan lalu, BI belum menerima proposal baru dari DBS Group.

Direktur Kepatuhan Bank Dananon Indonesia, Fransiska Oie enggan mengomentari proses akuisisi oleh DBS. Ia beralasan BI baru menyampaikan hal tersebut secara lisan dan belum tertulis. "Kami tidak bisa beri komentar karena kami objek akuisisi. Sila bertanya langsung pada DBS," pungkasnya. (Nina Dwiantika/Kontan)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.