Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Ajari Perwira Jadi Pengusaha

Kompas.com - 27/05/2013, 13:37 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberikan pelatihan wirausaha kepada 185 perwira menengah TNI. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan jiwa wirausaha para perwira.

"Bagi bapak-bapak perwira, lebih baik memilih usaha sendiri, lebih bebas, lebih merdeka. Kalau berhasil, ya, berhasil sendiri, kalau gagal juga tidak menyalahkan orang lain," kata Dahlan saat memberikan sambutan Pelatihan Corporate Manajemen bagi Perwira Menengah TNI AD di Jakarta, Senin (27/5/2013).

Dahlan menambahkan, untuk menjadi wirausaha itu memang memerlukan kesungguhan. Dan, kesungguhan tersebut bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk para perwira. Dahlan menganalogikan kesungguhan tersebut dengan emas. Jadi, emas ada yang memiliki kadar 18, 22, dan 24 karat.

"Jadi, emas memang ada yang berkadar 18, 22, 24, atau malah ada yang tidak berkarat. Namun, emas itu jarang ada yang membeli 24 karat," tuturnya.

Pelatihan ini akan berlangsung selama delapan minggu. Acara ini juga dihadiri oleh Aspers Kasad Mayjen Istu Hari serta Rhenald Khasali selaku pakar manajemen dan Direktur Utama Rumah Perubahan.

"Pak Dahlan adalah orang yang sangat mementingkan implementasi, bukan teori sehingga acara ini betul-betul akan sangat bermanfaat," kata Rheinald.

Acara ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara Dahlan Iskan dan Letjen Muldoko (yang saat itu masih menjabat Wakasad) akhir April yang lalu di Kementrian BUMN. Muldoko mengharapkan agar Dahlan Iskan ikut membantu TNI AD di bidang wirausaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com