Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Menguat, Kilau Harga Emas Pudar Lagi

Kompas.com - 28/05/2013, 10:03 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga emas jatuh lagi pagi ini seiring penguatan dollar dan rebound bursa Asia. Kilau safe haven emas memudar yang terlihat dari penjualan emas di produk exchange traded fund berbasis emas.

Harga emas spot kehilangan 0,34 persen ke 1.389,49 dollar AS per ounce pukul 07.28 WIB. Padahal kemarin harga emas terangkat 0,5 persen ketika dollar AS melemah dan bursa Eropa mendatar.

Sepekan lalu, si logam mulia menguat 2 persen, Ini merupakan penguatan mingguan terbaiknya dalam bulan ini.

Sementara harga kontrak emas di bursa AS naik 0,16 persen ke 1.388,80 dollar AS. 

Emas menanjak kemarin dengan berita bahwa sejumlah bank sentral mulai dari Rusia, Turki, dan Kazakhstan membeli emas di bulan April. Mereka membeli ketika harga emas turun untuk mendiversifikasikan portofolio investasi mereka.

Di sisi lain, kepemilikan emas di SPDR Gold, ETF emas terbesar dunia, jatuh 0,24 persen ke 1.016,16 ton pada Jumat lalu. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak pertengahan 2009. Padahal di awal tahun ini, kepemilikan emas SPDR Gold masih berjumlah 1.350,50 ton.

Catatan saja, harga emas sampai sekarang masih belum bangkit dari kejatuhannya pada pertengahan April. Emas jatuh ke level terendahnya dalam dua tahun di harga 1.321,35 dollar AS. (Rika Theo/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com