Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Perusahaan Grup Bakrie Jual Aset buat Bayar Utang

Kompas.com - 28/05/2013, 12:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Energi Mega Persada Tbk mengumumkan bahwa anak perusahaannya, PT EMP Energi Indonesia, menjual 10 persen kepemilikannya di Blok Masela PSC kepada INPEX Masela Ltd dan Shell Upstream Overseas Services Ltd.

Direktur Keuangan Energi Mega Persada, Didit Ratam, menyatakan, dana yang diperoleh dari penjualan sebagian kepemilikan di Blok Masela PSC akan digunakan untuk melunasi sebagian fasilitas pinjamannya sehingga akan menurunkan jumlah beban keuangannya. Selain itu, dana juga akan dipakai untuk membiayai keperluan modal kerja dan belanja modal guna meningkatkan produksinya.

"Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, blok Masela PSC yang berlokasi di lautan Arafura, Indonesia, diestimasikan memiliki cadangan terbukti dan terukur sebesar 18,47 triliun kaki kubik gas, seperti yang telah disertifikasi oleh DeGolyer & MacNaughton Consultant (Texas, USA)," tulis Didit Ratam dalam siaran pers Selasa (21/5/2013).

Dari laporan keuangan perseroan, per 31 Desember 2012, total kewajiban Energi Mega mencapai 1,38 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,5 triliun. Dari jumlah itu, sebesar 246,59 juta dollar AS akan jatuh tempo pada tahun ini. Padahal, kas dan setara kas perusahaan ini hanya sebesar 35 juta dollar AS.

Energi Mega merupakan perusahaan yang bergerak di bidang hulu minyak dan gas, yang memproduksikan 48.500 barrel minyak ekuivalen per hari sepanjang kuartal pertama tahun 2013. Setelah penyelesaian transaksi tersebut, perseroan menargetkan bisa mengoperasikan cadangan terbukti, terukur, dan terkira sekitar 386 juta barrel minyak ekuivalen dari 11 blok-blok minyak, gas, dan gas metana batu bara dalam portofolionya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com