Penerbangan Perintis Kembali Beroperasi

Kompas.com - 28/05/2013, 17:35 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

AMBON, KOMPAS.com  Penerbangan perintis di Maluku kembali beroperasi setelah selama empat bulan terhenti akibat belum ditandatanganinya kontrak baru dengan maskapai penerbangan pemenang tender.

"Sejak akhir April, maskapai penerbangan Merpati yang memenangkan tender penerbangan perintis di Maluku sudah beroperasi lagi," kata Kepala Merpati cabang Ambon, Lano Suprayitno, di kantornya, di Ambon, Selasa (28/5/2013).  

Penerbangan perintis di Maluku telah terhenti sejak awal tahun 2013 sampai akhir April. Itu terjadi menyusul berakhirnya kontrak antara pemerintah dan maskapai penerbangan yang melayani rute perintis berakhir akhir tahun lalu, dan belum dibuatnya kontrak baru dengan maskapai penerbangan pemenang tender penerbangan perintis di Maluku tahun 2013.

Menurut Kepala Bandara Udara Dumatubun, Maluku Tenggara, Amran Hamid, sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Subsidi untuk Penerbangan Perintis di Maluku, kontrak baru terlambat dibuat karena terlambat cairnya dana subsidi penerbangan perintis dari Kementerian Perhubungan.

Lano menyebutkan, setelah kontrak baru dibuat, dua pesawat Merpati tipe CN 212 yang bisa mengangkut sampai 15 orang sudah langsung beroperasi. Dua pesawat ini melayani sembilan rute penerbangan perintis di Maluku.

Rute-rute penerbangan itu ialah Ambon-Kisar, Ambon-Banda, Ambon-Namlea, Ambon-Namrole, Ambon-Wahai, Ambon-Amahai, Kisar-Saumlaki, Saumlaki-Larat, dan Larat-Langgur.

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X