Kompas.com - 29/05/2013, 14:22 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Saratoga Investama Sedaya Tbk akan melakukan penawaran publik perdana (initial public offering/IPO) pada akhir Juni mendatang dengan target perolehan dana sekitar Rp 1,8 triliun- Rp 2,3 triliun.

Direktur Utama PT Indo Premier Securities, Moleonoto, mengatakan, langkah yang diambil Saratoga untuk IPO dinilai tepat sebagai sebuah perusahaan investasi, apalagi belum ada perusahaan pembanding untuk membandingkan harga saham tersebut.

"Kami menawarkan harga saham Saratoga sekitar Rp 6.100-7.800 per saham," kata Moleonoto saat konferensi pers di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Moleonoto menambahkan, perseroan akan melepas saham ke publik sebesar 271 juta hingga 430,883 juta lembar saham atau sekitar 10-15 persen dari modal ditempatkan. Presiden Direktur Saratoga Investama Sedaya, Sandiaga Uno, menambahkan, dana tersebut akan dialokasikan untuk melunasi utang bank entitas anak usaha (PT Saratoga Sentra Business) sebesar 50 juta dollar AS yang akan jatuh tempo Januari 2014.

Sekitar 15 persen dari total dana hasil IPO akan digunakan untuk melunasi utang perseroan ke PT Rasi Unggul Bestari sehubungan dengan akuisisi saham tambahan PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM).

Sementara itu, sisanya untuk mendanai kegiatan investasi lainnya, terutama dalam tiga sektor kunci, yaitu sumber daya alam, infrastruktur, dan produk serta layanan jasa konsumen, termasuk 8,3 juta dollar AS untuk memberi pinjaman kepada PT Lintas Marga Sedaya melalui PT Bhaskara Utama Sedaya yang diperkirakan akan dilakukan pada kuartal III-2013.

"Kami akan roadshow menawarkan saham ini ke Kuala Lumpur hingga Singapura. Harga pastinya bisa diketahui akhir minggu depan," tambahnya. Penawaran saham ini akan dibagi rata ke investor domestik dan asing. Untuk masa penawaran 29 Mei-6 Juni 2013, perkiraan masa penawaran 19-20 Juni 2013, tanggal penjatahan 21 Juni 2013 dan pencatatan pada Bursa Efek Indonesia di 25 Juni 2013.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X