Kompas.com - 29/05/2013, 17:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun ke depan, frekuensi penduduk Indonesia dalam menggunakan moda transportasi pesawat terbang diperkirakan akan bertambah. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Citilink, Arif Wibowo dalam Workshop Airbus A320, di Denpasar, Bali, Senin (27/5/2013).

"Orang Indonesia terbang setahun mungkin hanya empat sampai lima kali nanti bisa bertumbuh sampai setahun 10 kali lebih," ujarnya.

Selain itu, menurut Arif, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II serta perkiraan Garuda Indonesia, mulai tahun 2004 hingga 2012 pertumbuhan pasar domestik Indonesia cukup pesat dan lebih dari separuh pasar merupakan wisatawan bujet. "Di tahun 2012 sudah mencapai 66 juta dan kira-kira porsinya sudah sekitar hampir 70 persen adalah bujet travelers," katanya.

Melihat peluang tersebut, Arif mengatakan, Citilink pada tahun ini akan fokus melayani rute dalam negeri dengan memaksimalkan puluhan rute yang mereka punya. "Kita akan fokus ke-22 rute domestik karena di 22 rute domestik itulah 'kantongnya' yang terbesar. Sekitar 40 juta penumpang di domestik kantongnya di 22 rute domestik tersebut dan basisnya adalah di Cengkareng," paparnya.

Untuk pelayanan kepada konsumen, baru-baru ini Citilink menambah armada baru dengan mendatangkan Airbus A320. Selain itu, Arif juga menegaskan masyarakat menengah ke bawah akan menjadi salah satu target pasar utama Citilink.

"Satu lagi customer focus karena selain yang upper middle PR (pekerjaan rumah) saya adalah bagaimana yang paling the bottom itu juga jadi fokus Citilink," katanya.

Untuk itu, pihaknya telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi nasional untuk memudahkan dalam pemesanan tiket pesawat. "Nantinya menjual tiket Citilink sama gampangnya seperti menjual pulsa. Ini bagian dari kita untuk semakin dikenal dengan kalangan bawah," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.