Maskapai Asing Tambah Rute

Kompas.com - 30/05/2013, 03:01 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Sejumlah maskapai penerbangan asing menambah rute dari Indonesia. Salah satunya Lufthansa yang memperluas penerbangan dari Indonesia ke negara-negara Eropa. Layanan rute baru tujuan Eropa akan diberangkatkan dari enam kota di Indonesia, yakni Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Denpasar, dan Balikpapan. Pasar Indonesia yang berkembang mendorong perusahaan penerbangan asal Jerman itu untuk mengisi ceruk pasar di Tanah Air.

Country Manager Luthansa Indonesia Leo Tonidandel, kepada pers, di Jakarta, Rabu (29/5), menyatakan, sejumlah rute baru dari Eropa ke enam kota di Indonesia juga ditawarkan bagi konsumen negara-negara Eropa, di antaranya Paris-Bandung dan Madrid-Balikpapan.

Perluasan rute baru itu dilakukan melalui kerja sama Lufthansa dengan mitra penerbangan lain dari Star Alliance, di antaranya Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Thai Airways, Value Air, dan Silk Air. Transit penerbangan dari Indonesia ke Eropa yakni melalui Singapura dan Bangkok.

Menurut Leo, dengan jumlah penduduk yang besar, pasar diperkirakan tumbuh pesat dengan kebutuhan perjalanan bisnis dan liburan ke Eropa yang terus meningkat. Untuk itu, dibutuhkan koneksi antara kota-kota di Indonesia dan Eropa tanpa harus bertumpu lewat Jakarta.

Sebaliknya, konsumen Eropa juga diarahkan untuk mengubah persepsi tentang destinasi utama di Indonesia. Indonesia dinilai memiliki beragam tempat yang menarik untuk liburan, di antaranya Lombok, Flores, dan Papua.

Penambahan frekuensi penerbangan harian baru juga dilakukan Singapore Airlines dari Singapura menuju Jakarta, Bali, dan Surabaya. Tambahan penerbangan tersebut mulai beroperasi 26 Juli 2013.

”Penambahan ini merupakan komitmen kami kepada pelanggan. Kami yakin penerbangan baru akan memberikan kemudahan perjalanan antara Singapura dan Indonesia serta kemudahan perjalanan dari Singapura menuju destinasi lainnya,” ujar Manajer Umum Singapore Airlines Indonesia David Lau.

Mandala Airlines juga membuka penerbangan harian kedua rute Jakarta-Singapura dengan promosi. ”Mandala Airlines serius mengembangkan jaringan di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Direktur Utama Mandala Airlines Paul Rombeek.(LKT/*/K01)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X