Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss Akhiri Kerahasiaan Bank bagi Rekening AS

Kompas.com - 30/05/2013, 08:48 WIB

JENEWA, KOMPAS.com  Swiss telah mengambil langkah untuk membantu Amerika Serikat (AS) menangkap para investor kaya yang menghindari pajak dengan menyimpan uang mereka di rekening-rekening rahasia di bank-bank Swiss.

Pemerintah Swiss, Rabu (29/5/2013), mengatakan pihaknya akan memperbolehkan—tapi tidak akan memaksa—bank-bank di Swiss untuk menghindari undang-undang kerahasiaan di negara tersebut dan mengungkapkan nama-nama pemilik rekening warga Amerika itu kepada pihak berwenang Amerika yang menyelidiki kasus-kasus pengelakan pajak.

Dengan bekerja sama, bank-bank tersebut dapat terhindar dari pidana atas dugaan membantu para pengelak pajak tersebut, tetapi masih tetap harus membayar denda kepada Pemerintah Amerika.

Parlemen Swiss masih harus mempertimbangkan kesepakatan yang diperkirakan akan diberlakukan dalam beberapa bulan.

Menteri Keuangan Swiss, Eveline WIdmer-Schlumpf, menyebut kesepakatan itu "solusi yang baik dan praktis" daripada negosiasi berlarut-larut dengan Amerika atas undang-undang kerahasiaan Swiss pada rekening-rekening bank tersebut.

Namun, beberapa anggota parlemen Swiss mengatakan, tim negosiasi tunduk pada tuntutan Amerika untuk menyelesaikan kesepakatan tersebut dan mengajukan keberatan atas hilangnya kerahasiaan itu jika kesepakatan diberlakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com