BSD Ingin Bangun Tol Serpong-Balaraja

Kompas.com - 30/05/2013, 21:43 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berniat untuk menggarap satu ruas jalan tol jurusan Serpong-Balaraja. Pembangunan jalan tol sepanjang 30 kilometer diperkirakan membutuhkan investasi Rp 6 triliun.

"Investasinya besar tapi ini bisa mendorong kinerja perseroan. Jalan tol ini juga memudahkan akses untuk Serpong," jelas Hermawan Wijaya, Direktur & Corporate Secretary BSDE, Kamis (30/5/2013).

Hermawan menjelaskan, BSDE akan mengikuti tender proyek ini untuk menentukan struktur konsorsium proyek. Tapi jika BSDE kalah tender, perusahaan memiliki right to match atau hak untuk melakukan penawaran oleh badan usaha atau badan hukum asing pemrakarsa terhadap penawar terbaik untuk diajukan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Peraturan BPJT juga menyatakan, proses tender baru bisa dilakukan jika tahap pembebasan lahan sudah mencapai 75%.

"Untuk pembebasan itu, kami sudah selesaikan 60% - nya," tukas Hermawan.

Jika semua proses tender selesai, maka tahap I pembangunan jalan tol ini segera dilaksanakan. Adapun tahap I proyek ini diperkirakan bakal menelan dana Rp 2 triliun.

BSDE mengklaim telah dana untuk membiayai proyek ini dari kas internal, hasil penerbitan obligasi, dan private placement. "Kami harapkan, jalan tol ini bisa mulai beroperasi 2016 mendatang," pungkas Hermawan. (Dityasa H Forddanta/Kontan)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X