Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSD Ingin Bangun Tol Serpong-Balaraja

Kompas.com - 30/05/2013, 21:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berniat untuk menggarap satu ruas jalan tol jurusan Serpong-Balaraja. Pembangunan jalan tol sepanjang 30 kilometer diperkirakan membutuhkan investasi Rp 6 triliun.

"Investasinya besar tapi ini bisa mendorong kinerja perseroan. Jalan tol ini juga memudahkan akses untuk Serpong," jelas Hermawan Wijaya, Direktur & Corporate Secretary BSDE, Kamis (30/5/2013).

Hermawan menjelaskan, BSDE akan mengikuti tender proyek ini untuk menentukan struktur konsorsium proyek. Tapi jika BSDE kalah tender, perusahaan memiliki right to match atau hak untuk melakukan penawaran oleh badan usaha atau badan hukum asing pemrakarsa terhadap penawar terbaik untuk diajukan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Peraturan BPJT juga menyatakan, proses tender baru bisa dilakukan jika tahap pembebasan lahan sudah mencapai 75%.

"Untuk pembebasan itu, kami sudah selesaikan 60% - nya," tukas Hermawan.

Jika semua proses tender selesai, maka tahap I pembangunan jalan tol ini segera dilaksanakan. Adapun tahap I proyek ini diperkirakan bakal menelan dana Rp 2 triliun.

BSDE mengklaim telah dana untuk membiayai proyek ini dari kas internal, hasil penerbitan obligasi, dan private placement. "Kami harapkan, jalan tol ini bisa mulai beroperasi 2016 mendatang," pungkas Hermawan. (Dityasa H Forddanta/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com