Pekerja Terempas Material

Kompas.com - 01/06/2013, 03:41 WIB
Editor

Jayapura, Kompas - Seorang pekerja PT Freeport Indonesia, Herman Wahid, Jumat (31/5), kritis setelah truk yang dikemudikannya diempas material bijih basah di area tambang bawah tanah Deep Ore Zone, Kabupaten Mimika, Papua. Peristiwa itu segera dilaporkan kepada petugas penyelamat tambang bawah tanah.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar I Gde S Jaya, truk bernomor 138 tertimbun material basah di titik pemuatan 1 Chalie West area Deep Ore Zone (DOZ). Laporan diterima petugas penyelamat pukul 13.40 dan pukul 13.52 korban dievakuasi ke klinik di Mil 74.

Pukul 15.00 korban dikirim ke Rumah Sakit Tembagapura untuk mendapat perawatan lanjut. Juru bicara PT Freeport Indonesia, Daisy Primayanti, Jumat, di Jakarta, mengatakan, manajemen PT Freeport Indonesia menyesalkan kecelakaan yang terjadi saat kegiatan pemeliharaan di tambang bawah tanah DOZ dilakukan sesuai kesepakatan. Materi bijih basah (wet muck) terus mengalir dari wadah penampung, lalu menutupi truk berikut operatornya.

Aspek yang terlibat dalam kecelakaan itu dinilai tak sesuai panduan keselamatan perusahaan dalam penanganan bijih basah. ”Kejadian ini tidak disebabkan runtuhnya area tambang dan tak dapat merefleksikan integritas yang telah selalu dilaksanakan di area tambang,” ujar Daisy.

Setelah beberapa waktu operasional dan pemeliharaan tambang dihentikan menyusul kecelakaan di area Big Gossan yang menewaskan 28 pekerja, pemeliharaan dioperasikan lagi minggu lalu. Setiap hari material bijih dikeluarkan sebagai bagian dari pemeliharaan goa bawah tanah.

Terkait kecelakaan di area Big Gossan pada 14 Mei lalu, Gde S Jaya mengatakan, penyelidikan masih terus dilakukan. Polisi telah meminta keterangan dari 17 pegawai PT Freeport Indonesia.(jos/evy)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X