Ditopang Hypermart, MPPA Raup Pendapatan Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 03/06/2013, 13:31 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) sepanjang tiga bulan pertama tahun ini meraup pendapatan sebesar Rp 2,6 triliun atau tumbuh 16,3 persen dari tahun sebelumnya Rp 2,3 triliun. Pendapatan tersebut sepenuhnya disumbang oleh Matahari Food Division yang 90 persen berasal dari Hypermart.

Dari jumlah itu, laba bruto yang berhasil diraup perseroan mencapai Rp 419,1 miliar atau naik 29,4 persen dari periode yang sama tahun lalu, sedangkan laba bersih Rp 63,2 miliar atau naik 118 persen dari akhir Maret 2012 Rp 29 miliar.

Perseroan menjelaskan sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, Matahari Food Division telah membuka dua gerai Hypermart baru yang berlokasi di Jakabaring, Palembang dan Ambon.

"Gerai baru Jakabaring semakin memperkuat dominasi pasar Hypermart di wilayah Sumatera Barat, sedangkan gerai baru Ambon, yang merupakan gerai kedua di kepulauan Maluku, juga semakin memperkokoh penetrasi pasar dan arahan ekspansi Hypermart di wilayah Indonesia Timur," jelas manajemen dalam keterangan resminya Senin (3/6/2013).

Tahun ini, Hypermart akan membuka 20 gerai baru di seluruh wilayah Indonesia, dan perusahaan ini berambisi untuk menjadi operator hypermarket dengan tingkat pertumbuhan tertinggi.

"Ini sejalan dengan tujuan kami untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dengan tetap mempertahankan kepemimpinan pasar kami dalam pasar FMCG Indonesia yang berkembang pesat. Kami akan mewujudkan gerai Hypermart ke-100 akan segera dioperasikan di akhir tahun 2013 dan akan menjadi peritel hypermarket terbesar dan terkemuka di Indonesia," jelas manajemen.

Pada periode yang sama, Matahari juga menyambut baik langkah Temasek Holding menjadi pemegang 26,1 persen saham di perseroan, bersama dengan PT Multipolar Tbk yang saat ini memegang 50,2% saham.

"MPPA akan mendapat dukungan yang lebih solid dari pemegang saham dalam tujuannya untuk mengembangkan bisnis ritel ke depan," tulis manajemen.

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X