Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditopang Hypermart, MPPA Raup Pendapatan Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 03/06/2013, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) sepanjang tiga bulan pertama tahun ini meraup pendapatan sebesar Rp 2,6 triliun atau tumbuh 16,3 persen dari tahun sebelumnya Rp 2,3 triliun. Pendapatan tersebut sepenuhnya disumbang oleh Matahari Food Division yang 90 persen berasal dari Hypermart.

Dari jumlah itu, laba bruto yang berhasil diraup perseroan mencapai Rp 419,1 miliar atau naik 29,4 persen dari periode yang sama tahun lalu, sedangkan laba bersih Rp 63,2 miliar atau naik 118 persen dari akhir Maret 2012 Rp 29 miliar.

Perseroan menjelaskan sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, Matahari Food Division telah membuka dua gerai Hypermart baru yang berlokasi di Jakabaring, Palembang dan Ambon.

"Gerai baru Jakabaring semakin memperkuat dominasi pasar Hypermart di wilayah Sumatera Barat, sedangkan gerai baru Ambon, yang merupakan gerai kedua di kepulauan Maluku, juga semakin memperkokoh penetrasi pasar dan arahan ekspansi Hypermart di wilayah Indonesia Timur," jelas manajemen dalam keterangan resminya Senin (3/6/2013).

Tahun ini, Hypermart akan membuka 20 gerai baru di seluruh wilayah Indonesia, dan perusahaan ini berambisi untuk menjadi operator hypermarket dengan tingkat pertumbuhan tertinggi.

"Ini sejalan dengan tujuan kami untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dengan tetap mempertahankan kepemimpinan pasar kami dalam pasar FMCG Indonesia yang berkembang pesat. Kami akan mewujudkan gerai Hypermart ke-100 akan segera dioperasikan di akhir tahun 2013 dan akan menjadi peritel hypermarket terbesar dan terkemuka di Indonesia," jelas manajemen.

Pada periode yang sama, Matahari juga menyambut baik langkah Temasek Holding menjadi pemegang 26,1 persen saham di perseroan, bersama dengan PT Multipolar Tbk yang saat ini memegang 50,2% saham.

"MPPA akan mendapat dukungan yang lebih solid dari pemegang saham dalam tujuannya untuk mengembangkan bisnis ritel ke depan," tulis manajemen.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com