Penerbangan Global Diprediksi Raup Laba Rp 124 Triliun

Kompas.com - 03/06/2013, 18:54 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

CAPE TOWN, KOMPAS.com — International Air Transport Association (IATA) memperkirakan industri penerbangan global bisa mencetak laba bersih 12,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 124 triliun) pada tahun ini, atau lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya 10,6 miliar dollar AS.

Jumlah itu mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan perolehan laba bersih tahun lalu yang mencapai 7,6 miliar dollar AS. Jika proyeksi itu terealisasi, maka tahun ini adalah periode terbaik bagi industri penerbangan global sejak 2001.

Ketua IATA Tony Tyler mengungkapkan, bisnis penerbangan sebenarnya masih menghadapi masa-masa sulit, dengan margin keuntungan hanya di level 1,8 persen. "Jumlah keuntungan tersebut setara dengan 4 dollar AS per penumpang, atau masih lebih menguntungkan berjualan sandwich," ujarnya dalam pertemuan dengan pelaku industri penerbangan, Senin (30/6/2013).

Di sisi lain, biaya bahan bakar mengalami kenaikan sebesar 55 persen sejak 2006, dan industri penerbangan juga menghadapi masalah perekonomian. "Menggenjot keuntungan yang saat ini cukup kecil membutuhkan usaha besar," lanjut Tyler.

Organisasi itu juga memperkirakan bahwa industri penerbangan dunia akan menerbangkan sekitar 3,1 miliar penumpang, atau menembus angka 3 miliar penumpang untuk pertama kalinya. Selain itu, industri penerbangan diprediksi juga akan menerbangkan lebih dari 52 juta ton kargo.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X